Tanaman Okra (Abelmoschus esculentus)

Tanaman okra (Abelmoschus esculentus) atau lady's finger adalah tanaman musiman yang berasal dari daerah tropis dan subtropis di Afrika. Tanaman ini biasanya dibudidayakan untuk buahnya yang biasa digunakan sebagai bahan masakan dan memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

tanaman okra
Tanaman Okra 
sumber: https://plantix.net/id/library/crops/okra

Ciri-ciri Tanaman Okra

Tanaman okra memiliki batang tegak dengan tinggi mencapai 2-3 meter. Daunnya berbentuk hati dengan ukuran sekitar 10-20 cm. Buah okra berbentuk panjang dan silinder, berwarna hijau atau kuning kecoklatan, dan memiliki duri halus di bagian luar. Buah okra dapat dipanen dalam waktu 50-60 hari setelah tanam.

Kebutuhan Tanah dan Iklim

Tanaman okra tumbuh dengan baik pada tanah yang subur, gembur, dan cukup lembap. Tanah yang terlalu basah atau terlalu kering dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Tanaman okra juga membutuhkan sinar matahari penuh dan suhu udara yang hangat, dengan suhu optimal antara 25-30 derajat Celsius.

Penanaman dan Pemeliharaan

Okra dapat ditanam dari biji atau stek. Penanaman dapat dilakukan pada awal musim hujan atau di akhir musim kemarau. Biji okra dapat ditanam langsung di kebun atau di semai terlebih dahulu sebelum dipindahkan ke kebun. Setelah bibit tumbuh, jarak tanam sebaiknya diberi jarak sekitar 30-40 cm.

Pemeliharaan tanaman okra meliputi penyiraman yang cukup dan pemupukan secara teratur. Pemangkasan bagian tanaman yang tidak perlu juga perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan dan produktivitas tanaman.

Manfaat Tanaman Okra

Buah okra kaya akan nutrisi dan serat yang baik untuk kesehatan. Buah okra mengandung vitamin C, vitamin K, folat, kalium, dan magnesium yang baik untuk sistem kekebalan tubuh, pencernaan, dan kesehatan jantung. Selain itu, biji okra juga mengandung protein dan lemak nabati yang baik untuk diet vegetarian.

Selain kandungan nutrisinya, buah okra juga sering digunakan sebagai bahan masakan. Buah okra bisa dimasak menjadi berbagai macam hidangan, seperti tumis, sayur bening, atau lalap. Biji okra juga bisa digunakan untuk membuat minuman kesehatan atau teh herbal.

Dalam dunia medis, okra juga digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati beberapa penyakit, seperti diabetes, gangguan pencernaan, dan infeksi saluran kemih.

Demikianlah informasi tentang tanaman okra. Tanaman ini merupakan tanaman yang mudah dibudidayakan dan memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Dengan melakukan pemeliharaan yang baik, tanaman okra dapat memberikan hasil panen yang melimpah.

 

Posting Komentar untuk "Tanaman Okra (Abelmoschus esculentus)"